Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mahasiswa terkait ilmu kinesiologi yang melibatkan tulang, persendian dan otot dalam kaitannya gerak manusia pada saat berolahraga sehingga dapat menghasilkan gerak yang efesien, efektif dan aman untuk dilakukan.

Mata kuliah softball merupakan mata kuliah pilihan pada Program Studi S1
Pendidikan Jasmani yang mengungkap tentang permainan
softball yang sifatnya mendasar dan menyeluruh sehingga diharapkan
mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif.
Selesai mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mengetahui dan
memiliki keterampilan tentang permainan softball serta memiliki
pemahaman yang memadai tentang karakteristik permainan softball yang
berkaitan dengan kajian praktik, metode pelatihan dan organisasi. Materi
yang dipelajari dalam mata kuliah ini berisi tentang keterampilan dasar
menyerang dan bertahan. Keterampilan dasar menyerang diantaranya;
memukul bola (batting), lari diantara base (base running), meluncur
(sliding). Sedangkan keterampilan dasar bertahan diantaranya; melempar,
menangkap bola baik bola mendasar maupun melambung. Metode yang
digunakan dalam perkuliahan ini yaitu metode ceramah, demonstrasi, tanya
jawab dan praktik langsung. Tahap evaluasi yang digunakan untuk
mengetahui sejauhmana pemahaman dan penguasaan keterampilan
mahasiswa dalam bermain softball digunakan tes tulis dan tes keterampilan
melalui UTS dan UAS

Microteaching bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar di sekolah / lembaga pendidikan dalam rangka menghadapi pekerjaan mengajar sepenuhnya di depan kelas dengan memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan sikap sebagai guru yang profesional.

Mata kuliah softball merupakan mata kuliah pilihan pada Program Studi S1 Pendidikan Jasmani yang mengungkap tentang permainan softball yang sifatnya mendasar dan menyeluruh sehingga diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif. Selesai mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mengetahui dan memiliki keterampilan tentang permainan softball serta memiliki pemahaman yang memadai tentang karakteristik permainan softball yang berkaitan dengan kajian praktik, metode pelatihan dan organisasi. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini berisi tentang keterampilan dasar menyerang dan bertahan. Keterampilan dasar menyerang diantaranya; memukul bola (batting), lari diantara base (base running), meluncur (sliding). Sedangkan keterampilan dasar bertahan diantaranya; melempar, menangkap bola baik bola mendasar maupun melambung. Metode yang digunakan dalam perkuliahan ini yaitu metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan praktik langsung. Tahap evaluasi yang digunakan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman dan penguasaan keterampilan mahasiswa dalam bermain softball digunakan tes tulis dan tes keterampilan melalui UTS dan UAS.


Mata kuliah ini bertujuan untuk  pemahaman mahasiswa tentang isue-isue olahraga terkini, hubungan sosial dalam aktivitas olahraga, menumbuhkan pola hidup kerja sama yang baik, menumbuhkan rasa toleransi dalam olahraga serta memiliki kemampuan sikap yang baik. Sosiologi olahraga berurusan dengan prilaku individual maupun prilaku secara berkelompok. Bidang yang luas dilukiskan sebagai kajian lembaga-lembaga dan proses budaya-sosial karena berkaitan dan dipengaruhi oleh olahraga dan prilaku keolahragaan. Sosiologi olahraga mengkaji bagaimana interaksi manusia dengan yang lain dalam suasana olahraga terhadap perkembangan dan sosialisasi individual serta bagaimana kesesuaian olahraga itu sendiri dalam masyarakat.
Mata kuliah ini bertujuan untuk ada pemahaman mahasiswa tentang isue-isue olahraga terkini, hubungan sosial dalam aktivitas olahraga, menumbuhkan pola hidup kerja sama yang baik, menumbuhkan rasa toleransi dalam olahraga serta memiliki kemampuan sikap yang baik. Sosiologi olahraga berurusan dengan prilaku individual maupun prilaku secara berkelompok. Bidang yang luas dilukiskan sebagai kajian lembaga-lembaga dan proses budaya-sosial karena berkaitan dan dipengaruhi oleh olahraga dan prilaku keolahragaan. Sosiologi olahraga mengkaji bagaimana interaksi manusia dengan yang lain dalam suasana olahraga terhadap perkembangan dan sosialisasi individual serta bagaimana kesesuaian olahraga itu sendiri dalam masyarakat.