Akuntansi sosial adalah bagian dari disiplin ilmu akuntansi yang terintegrasi dengan ilmu sosial. Akuntansi selama ini hanya menjadi bentuk pertanggungjawaban keuangan kepada investor yang sangat profit oriented, telah memiliki paradigma baru dengan memasukkan unsur Planet dan People dalam penyajiannya. 

Akuntansi Sosial adalah proses mengkomunikasikan dampak sosial dan lingkungan dari tindakan ekonomi organisasi untuk kepentingan kelompok tertentu dalam masyarakat dan untuk masyarakat luas. (R.H. Gray, D.L.Owen & K.T.Maunders).

Akuntansi sosial umumnya digunakan dalam konteks bisnis, atau tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), meskipun setiap organisasi, termasuk lembaga swadaya masyarakat, lembaga amal, dan lembaga pemerintah dapat terlibat dalam akuntansi sosial.

Akuntansi sosial menekankan konsep akuntabilitas perusahaan. D. Crowther mendefinisikan akuntansi sosial dalam pengertian ini sebagai "sebuah pendekatan untuk melaporkan kegiatan perusahaan yang menekankan kebutuhan untuk mengidentifikasi perilaku sosial yang relevan, penentuan mereka kepada siapa perusahaan bertanggung jawab untuk kinerja sosial dan pengembangan tindakan yang tepat dan teknik pelaporan.